-->

Ruang Keluarga Pencipta Kehangatan di dalam Rumah




Hakekatnya, ruang keluarga adalah ruang yang disediakan untuk menampung komunikasi dan menciptakan kehangatan antar-anggota keluarga. Apa saja yang harus diperhatikan untuk mendukung fungsi ini? 

Ketika seluruh anggota keluarga telah menyelesaikan aktivitasnya di kamarnya masing-masing. biasanya mereka akan berkumpul di suatu ruang duduk untuk menikmati saat-saat santai. 

Sebuah ruang keluarga pun perlu disiapkan sebagai ruang terbuka yang menjadi alur sirkulasi gerak dan beraktivitas bersama setelah masing-masing membatasi dirinya di dalam kamar.

Ruang keluarga berfungsi untuk mempererat ikatan batin antar anggota keluarga karena di area inilah masing masing anggota keluarga berinteraksi satu sama lain. 

Kadangkala ruang keluarga berfungsi sebagai ruang tamu juga. Namun, mengingat saat ini frekuensi tamu yang berkunjung ke rumah relatif jarang, ruang pun lebih dimantaatkan untuk mewadahi aktivitas bersama keluarga. itulah sebabnya penting menyiapkan sebuah ruang keluarga yang nyaman sebagai tempat membangun komunikasi yang akrab.

Lapang dan Terbuka
Ruang keluarga bagai cermin sebuah keluarga. Semakin sering digunakan untuk beraktivitas bersama berarti keluarga tersebut harmonis dan hangat, Bandingkan jika masing-masing anggotanya lebih suka mengurung dirinya di kamar masing-masing sehingga ruang keluarga pun menjadi sepi. 

Faktor daya tarik suasana harus dihadirkan di sini, misalnya penataan ruang, pencahayaan, pengudaraan, dan lapang atau kalaupun terbatas rnemiliki pemandangan luas dan terbuka. 

Menampung Berbagai Aktivitas 
Setiap anggota keluarga bisa memiliki hobi yang sama atau berbeda tentu akan lebih menyenangkan dilakukan secara bersama-sama di ruang keluarga, misalnya membaca, mengerjakan hobi melukis, merajut atau mendengarkan musik. Dan yang umum dilakukan adalah menonton televisi bersama.
Seberapa luas ukuran ruangnya dan apa saja yang perlu diletakkan di dalamnya juga perlu dipikirkan dalam penataannya. Contohnya, ada ruang keluarga yang menyatu dengan tempat bermain anak dengan maksud mempermudah pengawasan. Sedangkan bagi keluarga yang senang berolahraga. kerap menempatkan sarana olahraga, misalnya treadmill dan sepede statis. Olah raga sambil tetap bisa menonton televisi bersama akan membuatnya semakin semangat.

Furnitur Pelengkap 
Seberapa banyak dan apa jenis furniturnya tergantung dari kegiatan yang ditampung. Saat ini furnitur multifungsi sering dipilih, misalnya Sofabed yang bisa diatur sudut kemiringan sandarannya sehingga bisa berfungsi sebagai Sofa dan tempat tmdur. Juga meja dan panel dinding yang menghiasinya bisa menjadi sarana memajang dan menyimpan barang agar ruang keluarga terjaga kerapiannya.






Tags
Previous article
Next article

Desain Rumah Online

Segera wujudkan desain rumah impian anda dengan cara klik order desain di bawah ini. Kami siap memberikan pelayanan terbaik kepada anda



ORDER DESAIN