harga jasa desain rumah murah online


Mengelola pencahayaan agat tak sekedar terang




Menciptakan ruang keluarga yang sehat. nyaman, dan menawan dapat dilakukan dengan pengelolaan pencahayaan secara cermat. 

Ada 2 jenis pencahayaan yang kita kenal yaitu pencahayaan alami dan pencahayaan buatan. Penerangan alami berupa cahaya matahari mutlak diperlukan bagi ruang keluarga yang sehat, .Jika tidak, ruang keluarga akan gelap, kusam, dan gelap sehingga penghuni pun malas untuk berkumpul di sini.

Bukaan dan ventilasi menjadi jalur cahaya sehingga pada siang hari ruang terlihat terang. Tentu saja tidak sekedar terang, tetapi juga harus diperhatikan supaya ruang keluarga tidak terkena panas langsung secara terus-menerus. 

perlu dikelola agar aliran panas sinar matahari tidak membuat suasana kurang nyaman juga memudarkan interior di dalamnya.

General Lighting

Ketika matahari condong ke barat, cahaya alami pun redup dan kemudian gelap. Disinilah cahaya buatan atau artificial, yaitu lampu sebagai penerang ruang perlu ditempatkan pada posisi yang tepat. Jika tidak tepat, maka ruang terasa panas dan membuat mata silau.

Untuk mendapatkan suasana hangat yang mendukung fungsi ruang keluarga, pencahayaan jangan diukur sebatas teras saja tetapi juga menambah kenyamanan dan estetika bangunan. Di dalam satu ruang bisa terdapat beberapa jenis lampu yang di letakkan di beberapa tempat dengan fungsi yang berbeda.

Keseluruhan ruang terapi oleh General Lighting berupa lampu yang menempel di plafon, kemudian, plafon di tengah ruang atau di beberapa sudut plafon. Kemudian, plafon menjadi media reflector yang menyebarkan cahaya lampu ke seluruh ruang. “ Penerapan dapat berupa downlight dengan nuansa warm ehite atau cool day light agar suasana lebih hangat dan nyaman.

Lampu Decoratif 

Selain general Iighting juga diperlukan lampu dekoratif sebagai cahaya tambahan untuk meningkatkan nilai estetik ruang. Lampu dekoratif dapat berupa standing lamp, lampu meja, atau lampu gantung yang bentuk badan dan kapnya menarik, sehingga keberadaannya juga menambah keindahan ruang. Adanya tambahan sorot 

Cahaya dekoratif, ruang tampak lebih hidup dan berdimensi. Lampu dekoratif juga bisa berupa direct lamp dan indirect lamp. Direct lamp atau lampu sorot umunnya dipasang untuk menonjolkan keindahan lukisan, foto, atau artwork.

Sedangkan indirect lighting umumnya diletakkan tersembunyi sehingga hanya sinarnya saja yang berbias, menunjang desain drop ceiling ataupun panel dekoratif