harga jasa desain rumah murah online


Desain Interior Berkelanjutan



Desain Berkelanjutan dimulai dari ruang keluarga


Secara tidak sadar, ruang keluarga menjadi ruang dimana kita menghabiskan waktu di rumah. Dilihat dari fungsinya, di ruang inilah kita melakukan berbagai aktifitas, Mulai dari sekedar duduk bersantai menbaca Koran sampai menerima tamu yang berkunjung

Dengan begitu, alangkah banyak pengaruh yang didapat jika diruang ini kita menerapkan konsep desain yang berkelanjutan (subtainable), secara sederhana adalah kemampuannya untuk bertahan lama.

Jika ini diterapkan dalam desain interior, maka desain yang itu akan punya usia panjang, dapat digunakan terus-menerus. Tentu desain yang mengadopsi konsep ini juga ramah lingkungan, karena desain ini lebih hemat sumber daya.

Ramah lingkungan yang di maksud meliputi berbagai aspek. Dalam hal material misalnya. Kayu adalah salah satu contoh sumber daya yang bersifat subtainable. Ia dapat di tanah kembali, limbahnya tidak mencemari lingkungan, serta proses produksinya tergolong murah.

Bayangkan apabila desain yang dibuat tidak berumur panjang, misalnya mudah rusak, Maka akan butuh biaya lagi untuk menganti berbagai elemen. Penggantian ini tidak saja menelah biaya. Tetapi juga menghasilkan limbah yang mencemari lingkungan.

Mengaplikasikan konsep berkelanjutan tidak berhenti pada penataan ruangnya. Ia juga butuh usaha dalam perilaku kita sehari-hari. Misalnya dengan lebih berhati-hati dalam menggunakan barang-barang sehingga lebih awet atau bijakasana saat membeli barang sehingga barang- barang yang kita beli tidak mubadzir.

Mari kita ciptakan ruman yang ramah lingkungan, dimulai dari ruang keluarga.