harga jasa desain rumah murah online


Warna untuk “Manipulasi” Kesan Ruangan





Warna untuk “Manipulasi” Kesan Ruangan 


Lagi-lagi bicara tentang warna. Dunia dipenuhi beragam warna unik yang jika kita pandai mengolahnya, dapat mempercantik penampilan tempat tinggal. warna menjadi komponen ajaib untuk memanipulasi kesan kita atas suatu ruangan. Warna dapat memperluas ruang dan sebaliknya bisa “menciutkan” ruang. 

PEMBACA mungkin pernah mendengar keluhan seputar tata letak interior yang tak oke. Semisal, atap kamar yang rendah atau ruang belajar yang sempit. Situasi seperti ini akan berdampak pada kondisi pengguna ruangan. Pengguna biasanya merasa tidak nyaman, terdesak, atau pengap tatkala berada di ruangan yang sempit. 

Jika renovasi untuk memperluas ukuran atau meninggikan atap tak mungkin dilakukan mengganti warna cat mungkin bisa diusahakan. Mengolah warna ini dapat membantu meringankan tekanan psikis akibat ukuran ruang yang sempit. Dengan memoleskan waktu yang tepat, penghunl akan mengalami suasana baru. 

Memperluas ruang 
Dimulai dengan memulaskan warna- warna cerah atau terang pada dinding. dapat menimbulkan kesan interior yang lebih luas. Warna terang diyakini dapat menciptakan kesan jarak antar dinding terlihat lebih jauh dari sebenarnya. Wama putih menjadi yang paling pas digunakan. 

Jika ingin menggunakan efek warna yang mendekati putih. pemilik rumah bisa memilih biru muda atau biru pucat. Jika memungkinkan penerapan wama terang akan lebih optimal bila dibarengi dengan jendela besar agar cahaya alami dapat memapar masuk ruangan. Perpaduan warna terang dan cahaya alami akan mengusir kesan sempit dan pengap.

Mempersempit ruang
Namun, jika pemilik rumah merasa memlilki ruangan yang kebesaran. mengaaplikasikan warna-warna gelap dapat membantu “memapras” dimensi itu. Warna gelap bisa membuat ruangan yang luas terasa lebih sempit. Pemilik rumah bisa menghadirkan atmosfer ruang yang lebih hangat dan intim dengan memoleskan warna-warna gelap. Cokelat atau merah marun, misalnya akan mendatangkan kesan jarak antar dinding yang lebih dekat dan sebenarnya.

Meninggikan plafon
Wama juga bisa memberikan kesan tingi atau pendek pada jarak lantai dengan Langit-langit, Jka plafon disapu dengan warna-wama yang lebih muda daripada warna dinding, ruangan akan terasa lebih tinggi. Cara ini cocok diterapkan pada unit apartemen yang biasanya berlangit-langit rendah. Jika olah wama ini dipadukan dengan meletakkan perabotan pendek. ruangan akan kian terasa luas.