harga jasa desain rumah murah online


Museum Ramah Lingkungan




Museum Ramah Lingkungan 

 

Menerapkan gaya hidup ramah lingkungan jangan setengah-setengah. Mulailah dan langkah-langkah kecil, salah satunya mendaur ulang sampah rumah tangga menjadi benda lain yang dapat difungsikan kembali. Misalnya, botol plastik atau kaleng bekas menjadi pot tanaman

ADAPUN bingkah yang lebih besar dapat mencontoh pemanfaatan bangunan ramah lingkungan untuk difungsikan sebagai museum, Contohnya. Natural history Museum. Museum yang dibangun dengan menerapkan konsep ramah lingkungan ini berlokasi di San Francisco, AS. Natural History Museum telah memiliki gelar sebagai museum paling hijau dan ramah lingkungan. 

California Academy of Sciences, museum ini terdiri atas empat lantai dan dirancang oleh arsitek terkemuka Renzo Piano dan Italla.Dan luar, bentuk bangunan menyerupai taman dengan dua buah bukit kecil hijau. Kedua bukit itu adaLah atap museum yang menjadi rumah bagi 1,7 Juta jenis tanaman. Tiap bukit memiliki diameter 30 meter dan dl antara keduanya dinding kaca berbentuk kubah setinggi 12 meter.

Satu kubah mewadahi planetarium, sementara kubah lainnya mewadahi hutan hujan yang terdiri atas empat lantai. Pengunjung museum dapat menlkmati hutan hujan ini dengan menaiki tangga melingkar yang ditingkahi kupuk-kupu dan burung beterbangan di atas kepala. Museum ini juga dipenuhi keanekaragarnan laut yang berada di lantal bawah tanah. 

Keramahan lingkungan bangunan ini juga datang dari sistem energi. Sebuah kanopi yang mampu menampung 60 ribu sel solar dlpasang menaungi atap dan ditutupi rerumputan. Jumlah tersebut mampu mensuplai sekitar 10 persen dari total kebutuhan energi seluruh bangunan ini.Selain ltu, struktur kerangka baja yang digunakan dapat didaur ulang. 

Berkat model desain dan sistem itu. bangunan ini memperoleh sertiflkasl tertinggi, yaitu Leadership in Energy and Environmental Design (LEED) Platinum dan US Green Building CouncIL. Diharapkan konsep kreatlf yang ditawarkan oleH rancang bangun museum ini dapat menjadi inspirasi pengembangan ploperti lainnya. termasuk di Indonesia.