harga jasa desain rumah murah online


Daun Pintu, Bagian dan Peruntungan



Daun Pintu, Bagian dan Peruntungan


Jangan anggap sepele letak pintu utama di bagian depan rumah. Menurut fengshui tata ruang, pintu menjadi unsur yang terpenting. lstilahnya kou atau mulut ruang hidup. Pemilihan posisi dan bahan pintu yang tepat, diyakini dapat membantu penghuni rumah untuk mencapai peruntungan, kedamaian, kenyamanan, serta kesehatan jasmani yang optimal.

MENURUT beberapa pakar fengshui, bahan pintu sebaiknya dibuat dari kayu solid. Desainnya disesuaikan dengan sudut tempat pintu itu berada, demikian juga dengan warnanya. Disarankan untuk memberikan nuansa cokelat jika letak pintu di sebelah timur atau teniggara. Putih untuk barat atau barat laut, marun untuk selatan, hitam untuk utara, dan krem untuk barat daya atau timur laut. 

Untuk rnendapat keselarasan tersebut, perlu ada energi chi yang baik. Chi mempengaruhi kehidupan penghuni ruman. Chi bisa dihadirkan lewat penataan pintu. Misalnya daun pintu harus terbuka arah dalam dan jangan mengarah ke ruang yang sesak, melainkan membuka ke arah ruang besar dan lega. Maksudnya agar chi bisa bebas masuk.

Pintu utama sebaiknya jangan membuka ke arah koridor lurus, sebaiknya tempatkan pemisah ruangan seperti tirai yang tidak terlalu terang agar ruang dalam tak langsung terlihat dari luar. Sebagian orang percaya, tirai ini berfungsi untuk menghalangi energi pembunuh. Selain itu, menghindarkan pintu utama tak berhadapan langsung dengan pintu-pintu lain.

Saat memilih daun pintu, sebaiknya kita juga memperhatikan kualitasnya agar memenuhi aspek fungsional. Jenis bahan akan mempengaruhi hasil flnishing, tingkat keawetan dan kemudahan perawatan saat sudah digunakan. Perhatikan pula keindahan tekstur kayunya.

Bila penghuni rumah benar-benar menaruh perhatian pada fengshui, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahlinya. Rumah yang memenuhi ketentuan fengshui tak selalu mahal dan bentuknya pun wajar-wajar saja.