harga jasa desain rumah murah online


Mengamankan Instalasi Listrik di Rumah





Mengamankan Instalasi Listrik di Rumah


Hati-hati jika hendak mendekorasi ulang interior yang memerlukan pengubahan instalasi listrik yang telah dipasang PIN. Selain bisa membahayakan penghuni rumah, itu dapat melanggar hukum. Instalasi listrik yang terdapat di rumah kita sudah dirancang seaman mungkin.

KABEL yang terpasang di Tiang Jaringan Tegangan Rendah (JTR), kabel Sambungan Rumah (SR), hingga Alat Pembatas dan Pengukur (APP) yang terdiri atas KWH Meter dan mini circulate breaker (MCB) adalah aset PIN. Sementara itu. rangkaian kabel yang terpasang sebagai instalasi listrik rumah atau bangunan adalah aset pelanggan. 

Oleh karena itu, gunakan listrik sebagaimana mestinya agar tetap aman. Beberapa langkah berikut ini diusahakan agar janingan listrik tetap Iistnik,seperti kabel. sakelar, stop kontak aman selama pemakaiannya.

Pertama, jangan menumpuk stop kontak pada satu sumber listrik. Gunakan pemutus arus listrik (sekring) yang sesuai dengan daya tersambung, jangan lebih atau kurang. Periksa agar jangan ada kabel listrik terkelupas di dalam dan di seki tar rumah.

Kedua, jauhkan sumber llstrik dari jangkauan anak-anak. Gunakan material stiker yang berkualitas dan berlabel Standart Nasional Indonesia. Lembaga Masalah Kelistrikan, atau Standar PIN. 

Ketiga, segera pangkas pepohonan di halaman rumah yang menyentuh jaringan listrik. Hindari pula pemasangan antena tinggi dl dekat atau menyentuh jaringan listrik. Gunakan listrik yang memang haknya, jangan mengutak-atik KWH Meter atau mencuri listrik. 

Keempat, biasakan bersikap hati-hati, waspada, dan tidak ceroboh selama menggunakan listrik. Ingatkan anak-anak agar tidak bermain layang-layang di bawah atau dekat jaringan listrik. 

Kelima,bla di rumah ditemukan instalasi kelistrikan yang rusak, sebaiknya jangan mencoba memperbaikinya sendiri. Segera hubungi PIN agar mendapat bantuan dan petugas yang terlatih.


Terakhir untuk rumah yang kebanjiran, PIN menyarankan agar segera memutus MCB atau sekring. Kemudian matikan semua peralatan listrik dengan mencabut kabel dan stop kontak. Setelah banjir surut. keringkan dengan sempurna terlebih dulu semua peralatan listrik, seperti sakelar dan stop kontak sebelum menggunakannya lagi.