harga jasa desain rumah murah online


Tanaman Rambat pada Dinding dan Kanopi




Tanaman Rambat pada Dinding dan Kanopi


Cat bukan satu-satunya cara memberikan warna pada dinding eksterior. Anda bisa menorehkan hijau, ungu, putih, atau merah dengan merambatkan tanaman pada tembok agar rumah tampil semakin cantik. Kesan rimbun dan udara lebih sejuk menjadi bonusnya.

TANAMAN rambat dapat mengubah penampilan rumah atau gedung yang kaku Yang lebih menyenangkan, tanarnan rambat fleksibel untuk ditempatkan di mana saja. Yang umum di dinding, tiang pergola, bahkan tanaman induk seperti pepohonan. Jika Anda memilih yang terakhir, pastikan tanaman rambat berukuran lebih kecil daripada tanaman induk. Kalau tidak, tanaman rambat akan menghabiskan makanan tanaman lnduknya.

Ada banyak ragam tanaman rambat. Anda bisa memilih berdasarkan bentuk atau warnanya. Tanaman dolar berupa daun berbentuk bulat yang mudah hidup di mana-mana. Melati costa yang bunganya berubah warna dan ungu ke putih, mucuna benetti dari Papua yang bunganya menjulur merah seperti tandan pisang, atau mandevillo yang bunganya berwama merah jambu, putih dan merah saga. Untuk satu bidang, Anda bisa juga mengombinasakan tanaman-tanaman rambat ini sehingga warnanya bervariasi.

Tembok atau tiang yang kosong pun menjadi lebih hidup dengan tanaman rambat. Jika berniat menanamnya di tembok, lebih baik Anda tanam tanaman pada tanah. Pada tembok pohon dolar dan sngonyium juga bisa ditempatkan tanpa alat bantu seperti kawat atau jaring. Pergola atau kanopi pun menjadi tempat yang tepat untuk dijalari tanaman rambat. Selain memperindah, area di bawahnya akan menjadi teduh, Jenis alainanda atau jenis anggur misalnya cocok untuk dirambatkan pada pergola.

Hal pertama yang harus dilakukan jika ingin membuat pergola hidup adalah membuat kerangka. Pililah besi agar lebih kuat dan tahan lama, Jumlah besi penyangga atau kanstruksi yang ideal adalah tiga atau empat pada masing-masing sisi kanopi. Konstruksi ini dihubungkan dengan cara diberi besi yang lebih kecil sebagai media rambat.

Untuk tanaman rambat pada pergola, sebaiknya disisipkan jaring di bawah tanaman agar daun yang gugur terjaring. Jaring yang sudah berisi daun-daun kering tinggal dibersihkan dengan membuka jaringi ini lebih praktis dibandingkan menyapu daun yang berguguran setiap hari.

Tidak berbeda jauh dengaan tanaman lain, perawatan tanaman rambat cukup mudah. Hanya perlu disiram sesuai kebutuhan, dipotongi daunnya jika tumbuh teralu lebat dan sesekali dipupuk. Bersihkan daun secara berkala agar sampah daun yang lembab tidak memicu tumbuhnya jamur.