harga jasa desain rumah murah online


Hindari Bocor Dengan Talang Yang Tepat





Meski intensitas hujan sudah mulai turun, bukan lantas kita dapat memastikan besok tidak akan turun hujan. Apalagi, sekawanan awan hitam masih terlihat bergelayut, termasuk di langit Ibu Kota. 

MEWASPADAI datangnya hujan deras yang disertai angin kencang adalah langkah bijak agar rumah terhindar dan kebocoran. Caranya sederhana, yakni rnemperhatikan secara saksama tiap sudut yang ada di bagian atas rumah. Contohnya adalah talang air yang berfungsi mengalirkan air hujan ke tempat yang telah ditentukan.

Jika digolongkan berdasarkan bahan dasarnya, talang air dibagi menjadi dua, talang berbahan dasar logam dan bahan piastik (PVC). 

Seng, aluminium dan tembaga adalah contoh talang yang masuk dalam kategori logam. Talang jenis ini banyak digunakan di Negara - negara Eropa. Australia, dan Amerika Serikat. Daya tahan dan nilai estetika adalah dua hal yang menjadi pertimbangan orang menggunakan bahan jenis ini.

Namun, meski kuat den tahan terhadap perubahan cuaca, talang hujan berbahan tembaga memiliki harga yang tinggi sehingga penggunanya pun harus berkantong tebal. Di Indonesia, talang berbahan PVC lebih banyak digunakan karena lebih mudah didapat dan relatif murah. Namun, bahan tersebut cenderung memiliki daya tahan lebih rendah ketimbang bahan logam. Saat terjadi perubahan cuaca. dan panas ke hujan, atau sebaliknya, bahan ini akan kehilangan kelenturan sehingga akan lebih mudah kusam, retak dan berujung pada kerusakan.

Oleh sebab itu, penggantian secara berkala, misalnya setahun sekali, menjadi syarat mutlak agar talang tersebut berfungsi maksimal dalam mengalirkan air. Alternatif lainnya adalah talang berbahan dasar aluminium dan galvanis. Kedua jenis ini disebut-sebut dapat menjawab kelemahan dan bahan PVC, walau harganya masih lebih mahal. Aluminium dan galvanis dikenal sebagai bahan dasar yang bersifat taham korosi dan kuat terhadap perubahan cuaca.

Apa pun alasannya, entah estetika, harga, ataupun daya tahan, sedapat mungkin pilihlah material yang berkualitas. Material berkualitas biasanya tidak menyisakan celah saat dipasang. Hal ini sangat membantu menjaga rumah bebas dari kebocoran.