harga jasa desain rumah murah online


Rancang Sirkulasi Udara di Rumah




Dalam sebuah survei di Amerika Serikat tentang kriteria rumah yang dicita-citakan, sebagian besar orang menempatkan syarat sirkulasi udara yang baik ke dalam salah satu prioritas teratas. Ya, kelancaran sirkulasi udara memang menentukan kualitas hunian.

APA yang dIkatakan orang tentang sIrkulasI udara yang baik sebenarnya berkaitan dengan kenyamanan termal, suatu kondisi yang dipengaruhi suhu udara, kecepatan angin dan kelembaban udara. Pada rumah tinggal, hal tersebut dapat dikondisikan dengan ventilasi. Sebelum merancang bangunan, sebaiknya tentukan lebih dulu sistem ventilasi yang akan digunakan. Jika memungkinkan, gunakan ventilasi alami yang lebih hernat energi.

Nah, untuk mengoptimalkan pengkondisian udara di rumah secara alami, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal. Yang pertama adalah orientasi bangunan. Radiasi matahari adalah penyebab utama tingginya suhu di dalam rumah Oleh karena itu. sebisa mungkin hindari bukaan yang terlalu lebar di bagian timur dan barat. Jika tidak bisa dihindari, buatlah penghalang (barrier pada bukaan, Bisa berupa sun shading yang menyatu dengan elemen bangunan atau pepohonan.

Disarankan, bukaan atau ventilasi udara paling tidak sebesar 15 persen dan luas lantai bangunan ventilasi juga harus berada di kedua sisi bangunan agar ada jalan untuk keluar masuk udara. Hindari menghabiskan kavling sampai ke belakang, sisakan celah untuk udara supaya terjadi ventilasi silang.

Sebagai tambahan, banyaknya ventilasi barangkali memperbesar kemungkinan benda atau hewan dari luar rumah masuk ke dalam rumah. Anda bisa memasang kasa sebagai pelindung lubang udara. Konsekuensinya, pelindung itu dapat menghambat aliran udara yang masuk sebesar 40 persen. Anda bisa menyiasatinya dengan memperluas lubang udara sehingga jumlah udara yang masuk ke dalam rumah pun tak kurang.

Dalam satu ruangan pun, sebaiknya bukaan atau jendela tidak terletak pada posisi yang sejajar. Misalnya, satu bidang dinding mempunyai jendela di sebelah kiri Sebisa mungkin, bidang dinding yang berseberangan mempunyai jendela di sebelah kanan. Dengan posisi tersebut, diharapkan seluruh bagian rumah tersentuh oleh udara. Dengan sirkulasi udara yang baik, Anda bisa merasa nyaman di dalam rumah.