harga jasa desain rumah murah online


Bijak Menggunakan Lemari Es Rumah Tangga





Bijak Menggunakan Lemari Es Rumah Tangga

 


Listrik merupakan sumber energi penting dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, setiap 27 Oktober, bangsa ini merayakan Hari Listrik Nasional. Sebagai bentuk kepedulian terhadap keberlangsungan sumber energi tersebut. sudah sepatutnya masyarakat turut menjaga agar pasokan listrik tetap tersedia dalam waktu lama.

DARI sejumlah cara, ada langkah sederhana yang cepat dilakukan agar pasokan listrik di Tanah Air ini tetap terjaga. Salah satunya dengan memperhatikan perabot rumah tangga. seperti kulkas, yang dimiliki setiap rumah.

Langkah tersebut di antaranya dengan menjaga suhu di dalam kulkas sesuai kebutuhan. Hindari membuka pintu kulkas terlalu lama dan pastikan tertutup rapat ketika Anda selesai mengambil atau memasukkan makanan atau minuman di dalamriya. Jangan lupa untuk selalu mengatur suhu sesuai volume makanan atau minuman yang ada di dalamnya. Semakin rendah temperatur yang dihasilkan, semakin besar pula energi yang dibutuhkan oleh perangkat elektronik tersebut.

Perhatikan kapasitas kulkas. Keluarga yang memiliki banyak anggota hendaknya menggunakan kulkas berkapasitas besar. Namun, jika hanya beberapa orang, pilihlah kulkas berukuran kecil. Hal ini dapat meminimalkan tingkat keborosan. Hindari memasukkan makanan melebihi kapasitas kulkas, karena selain mencemari bahan makanan lain, hal ini membuat proses pendinginan tidak maksimal.

Letakkan kulkas di tempat yang memiliki ventilasi memadai. Hal ini agar suhu panas yang keluar dan bagian belakang kulkas dapat segera mengalir keluar. Jangan lupa untuk membersihkan kulkas secara berkala agar selain bersih juga dapat menjaga mesin bekerja optimal.

Periksa secara seksama karet yang melekat di sekeliling pintu kulkas, Karet yang mengendur dan getas akan memicu udara luar masuk dan mempengaruhi temperatur di dalamnya. Bunga es yang terdapat di dalam freezer hendaknya dibersihkan secara berkala agar tidak menyumbat aliran udara dingin.

Hal yang tak kalah penting adalah menonaktifkan fitur tambahan jika dirasa tidak perlu. Selain itu, jika hendak pergi dalam waktu lama, Anda dan keluarga sebaiknya matikan dan cabut kabel listrik menuju stop kontak, dengan terlebih dahulu melumerkan es dan membersihkan bagian dalam kulkas.