harga jasa desain rumah murah online


Sentuhan Batik pada Elemen Interior Rumah




Sentuhan Batik pada Elemen Interior Rumah




Digarap dengan alat tradisional, banyak orang yang sependapat bahwa batik tak akan lekang oleh masa dan mode. Kendati teknologi tekstil dan keragaman motif kian menggelora, batik tetap menjadi pilihan tersendiri.

MARAKNYA desain batik dengan bahan kain yang beragam membuat batik mulai menempati posisi tertentu dalam hati masyarakat. Oleh karena itu, kini batik mulai beralih dari sekadar lap tangan di meja makin menjadi elemen interior yang cukup bergengsi. Bahkan, bila digarap secara serius, batik bisa tampil sangat berkelas.

Sebagai salah satu elemen interior, batik ternyata mampu memberikan unsur etnik yang kental. Batik pekalongan misalnya, Sebagai sentra batik lndo-Eropa warisan kolonial batik pekalongan yang juga dikenal sebagai batik Belanda ternyata memiliki ciri tersendiri. Batik jenis ini biasanya menggunakan motif buket bunga atau biasa dikenal juga dengan istilah buketan.

Uniknya lagi. kain batik motif buketan ternyata juga cocok dijadikan hiasan dinding atau untuk menutup bagian dinding yang bernoda. Cara ini lebih hemat dan cantik ketimbang memperbaiki atau mengecat ulang tembok. Apalagi jika kain batik yang dipasang memiliki desain yang cantik.

Tentu saja kain ini terlebah dahulu harus dlbingkai atau bisa juga dikaitkan dengan pengait kain yang terbuat dari kayu, Pengait kayu khusus untuk hiasan dinding ini banyak sekali dijumpai di wilayah timur Indonesia, seperti Bali atau Lombok.

Untuk pemilihan warna, ada baiknya anda lebih berhati-hati memllih warna bunga pada kain batik, walaupun kain itu sekadar untuk hiasan dinding. Hal ini karena warna bunga turut menentukan siapa pemakainya. Merah yang menggambarkan cinta biasa dipakai untuk perempuan yang menikah, biru bagi mereka yang belum menikah, dan ungu yang dianggap mewakili kesederhanaan diperuntukkan bagi janda.

Meskipun bagi sebagian orang kain batik terlihat sederhana dan tidak memiliki makna ternyata dari corak, jenis bahan, teknik pembuatan, dan usia kain batik, dapat menentukan “kelas” seseorang. Dengan iklim tropis di Indonesia, kain batik merupakan alternatif yang mampu memberikan unsur cantik pada ruang di rumah Anda.