harga jasa desain rumah murah online


Kreativitas Menata Ruang Makan




Seperti ruang keluarga, ruang makan bisa mejadi point of interest yang memendarkan kehangatan atau kegembiraan. 

Di sini kita bisa mengumbar kreativitas agar ruang makan tak monoton, menambah nafsu makan, dan tampil cantik untuk menjamu tamu.

Jika rumah kita ukurannya mungil, ruang makan sebaeknya ditata agar efisien dan efektif. Salah satu caranya dengan mengurangi penggunaan material bangunan. Semisal, memanfaatkan dinding menjadi rak buku. 

Cara tersebut berhasil mengurangi penggunaan material kayu yang biasa digunakan untuk rak buku. Dinding buku di ruang makan dibuat dengan kombinasi sedikit material kayu, kaca, dan lembaran metal. Susunan raknya dirancang beragam. ukuran, dan penempatannya. Permainan vertikal dan horizontal, panjang pendek, tinggi rendah, juga menghadirkan rak yang lebil, playful. Hasilnya, ruang makan tampak lebih luwes, 

Kita juga bisa bermain dengan warna. Konon, dalam psikologi, warna oranye dapat membangkitkan selera makan. Tak ada salahnya menyentuhkan warna oranye pada ruang makan. Warna oranye tak melulu hadir lewat cat, bisa pula didatangkan dengan barang-barang seperti hiasan piring dan gelas atau taplak meja. Agar suasana ruang makan lebih cerah, tambahkan warna kuning sebagai teman warna oranye.

Aplikasi warna oranye, kuning, atau merah. dapat juga kita temukan di restoran cepat saji, Interior tempat makan itu umumnya sengaja mengadopsi ketiga warna tersebut, Warna-warna itu diyakini membantu kita menikmati makanan dengan lahap.

Jika lahan untuk rumah cukup luas, kita bisa membuat ruang makan seluas 4.2 meter x 4.2 meter dengan konsep terbuka. Maksudnya, mendekatkan ruang makan dengan taman dan kolam ikan. Ruang makan terbuka ini memungkinkan cahaya matahari pagi memapar ke area ruang makan, ditambah semilir angin yang keluar - masuk membawa keseiukan.

Ruang makan terbuka ini bertambah apik dengan lantai keramik cokelat atau warna-warna alam berukuran 33 cm x 33cm dan dibuat 10 cm lebih tinggi. Pada bagian nat bisa diberi lebar 3.5 cm dan ditutup dengan kayu untuk memperkuat aksen alam pada lantai.

dinding ruang makan terbuka ini juga bisa ditonjolkan kesan alaminya. semisal dengan rnenempelkan susunan batu alam beraneka warna. Kombinasi olahan lantai, dinding, dan tata ruang yang terbuka membuat ruang makan terasa menyenangkan