harga jasa desain rumah murah online


Cat untuk Material Baja



Cat memainkan sejumlah peran tatkala memulas rumah kita. 

SEBAGAI dekorasi, cat menghadirkan sentuhan keindahan melalui paduan beberapa warna yang selaras. Cat Juga dapat menjadi sarana untuk menggambarkan kepribadian pemilik rumah. Secara teknis, cat bisa melindungi material bangunan dan serangan karat dan pengaruh perubahan cuaca.

Jika rumah atau properti kita menggunakan unsur baja. tersedia beberapa jenis cat yang umum dipakai untuk Logam tersebut. Yang pertama adalah jenis antikarat primer (dasar). Fungsi utama cat baja ini yakni mencegah atau menghambat proses korosi atau pengaratan permukaan baja. Cat antikarat ini biasanya tidak disarankan untuk digunakan langsung di ruang terbuka. kecuali jika mengandung unsur seng.

Untuk mengaplikasikan cat ini memerlukan cat jenis lain. Oleh karena itu, dalam pemakaiannya biasanya di ikuti oleh cat pelapis perantara (intermediate) atau pelapis atas (top coat). Warna cat ienis ini terbatas dan disesuaikan dengan warna pigmen yang terdapat dalam cat tersebut, Biasanya warna kuning, oranye, abu-abu, merah, atau putih. Cat antikarat yang mengandung banyak unsur seng dinilai lebih tahan lama dibanding cat primer lainnya. 

Cat ini bisa diterapkan di lingkungan normal tanpa memerlukan cat top coat. Namun, jika diaplikasikan pada lingkungan basa atau mengandung bahan kimia asam, cat ini tetap harus dilapisi topcoat.

Kedua. cat pelapis perantara. Cat ini dapat berfungsi untuk mengatasi ketidaksempurnaan polesan cat primer pada baja. Sering kali, pemolesan cat pada baja meninggalkan lubang-lubang kecil di bagian-bagian tertentu. ini yang disebut pin hole atau missed spot. Nah, lubang tadi dapat ditambal dengan cat perantara ini, Fungsi lain dan cat ini yaitu memberikan peralihan warna dan cat primer ke top coat agar tak menghasilkan efek bayangan pada lapisan top coat. Adapun cat top coat berfungsi melindungi lapisan cat di bawahnya dan menghadirkan citra warna yang diinginkan. 

Dikenal juga cat yang berfungsi untuk merawat logam (metal treatnent). Cat dalam kelompok ini biasa disebut sebagai etsa dasar atau wash primer. Umumnya cat dipulaskan dengan ketebalan minimal sekitar 15 mikron. Cat ini banyak dipakai untuk melapis baja galvanis agar daya rekatnya lebih baik saat dipoles dengan cat selanjutnya. Cat metal treatment tidak bisa menggantikan peran cat dasar.