harga jasa desain rumah murah online


Agar Ruang Baca Nyaman




  Agar Ruang Baca Nyaman 


Bagi yang gemar membaca, ruangan dan penerangan yang nyaman di rumah untuk mendukung aktivitas ini di rumah menjadi penting. Di ruang inibuku-buku bisa disimpan dengan klasifikasi yang baik dan kita dapat betah membaca dalam waktu yang relatif lama.

ADA beberapa hal yang menentukan kenyamanan dalam membaca. Setidaknya itu menyangkut privasl, kenyamanan saat duduk dan kenyamanan secara visual. Membaca membutuhkan suasana yang tenang. Untuk itu, hlndari menempatkan spot membaca di ruang publik atau zona sirkulasi yang kerap dilewati orang. Kita akan kesulitan fokus. 

Jauhkan pula area membaca dari sumber suara bising, misalnyakendaraan yang lalu-lalang. Kalau memungkinkan, Anda bisa menempatkan ruang baca di dekat area kolam dengan suara gemerkik air atau memasang pelantam suara untuk menyetel musik lembut dengan volume yang tidak terlalu keras. ini bisa meningkatkan mood membaca. 

Tempat duduk pun patut diperhatikan. Kalau bisa gunakan tempat duduk semacam sofa yang nyaman dengan penyangga. Untuk aktivitas membaca yang berlangsung selama lebih dan setengah lam, punggung dan leher butuh ditopang. Selain itu, letakkan meja kecil di samping kursi untuk menaruh buku, kacamata, atau kudapan. 

Yang paling penting adalah pencahayaan. Anda bisa menggunakan pencahayaan alami atau buatan. Jendela yang cukup besar di ruang baca baik untuk memasukkan cahaya alami ke dalam. Namun, perhatikan pula arah mataharl. Jika jendela itu terletak di sisi barat. Anda juga mesti bersiasat agar kenyamanan tak terganggu dengan panas matahari slang atau sore. Strateginya. Anda bisa menanam pepohonan atau memasang kerai untuk meminimalisasi efek panas matahari.

Sementara itu, pencahayaan buatan dapat diupayakan dengan memasang lampu berkaki dl sebelah tempat duduk. Cahaya sebaiknya datang dari samping, jika dinyalakan kira-kira rnengarah ke bagian pundak orang yang duduk. Cahaya yang nyaman untuk membaca biasanya yang sifatnya berdifusi atau menyebar. Tak harus menerangi seluruh ruangan, cukup satu atau beberapa spot saja yang memang merupakan tempat membaca. Ruangan nyaman, Anda pun betah membaca.