harga jasa desain rumah murah online


Kabinet, Pelengkap Fungsi Dinding




Kabinet, Pelengkap Fungsi Dinding


Kabinet atau lemari penyimpan dapat melengkapi fungsi dinding yang selama ini berfungsi secara konvensional sebagai pembatas ruangan. Kabinet bisa dioptimalkan perannya selain untuk tempat penyimpanan belaka, yakni sebagai aksen pada bidang kosong dinding.

KABINET acap ditempatkan pada salah situ dinding hingga menutup seluruh bidang dinding, mulai dan lantai hángga plafon. Hal ini acap kita lakukan akibat terbatasnya ruang pada tempat tinggal maupun ruang kerja.

Ada beberapa hal yang perlu kita lakukan agar penernpatan kabinet yang demikian itu tidak tampak monoton. Caranya, dengan mengolah bentuk kabinet sehingga mencapai fungsi yang sesuai keinginan kita.

Desain bentuk kabinet dapat berupa sekat-sekat vertikal horizontal atau memakai material yang berbeda pada pintu cabinet. Material yang umum dipakai pada kabinet adalah kayu solid dan multipleks atau perpaduan kedua bahan tadi. Dari sisi ketahanan terhadap kelembaban ruangan kedua material itu cukup baik. Apalagi jika kabinet tersebut merupakan furnitur permanen yang tidak dipindah-pindahkan.

Selain bahan, warna kabinet membantu menepikan kesan monoton. Jika luas ruangan terbatas, ada baiknya menggunakan warna terang dengan sedikit aksen gelap dan membatasi olahan bentuknya.Bentuk rak dapat dibuat lebih simetris. Namun, jika ruang cukup luas, dapat dgunakan perpaduan wama atau dominan warna gelap atau kontras.

Pemakaian material dan pemilihan warna inilah yang menunjang desain kabinet sebagai pengisi bidang dinding. Bila pada sekat - sekat simetris dipoles warna terang, dapat menghadirkan kesan luas pada sebuah ruang sekaligus menjadi aksen menarik baqi dinding.

Jika kabinet berupa lemari tertutup dan warna yang digunakan senada dengan warna dinding yang lain, dapat menjadi titik perhatian dari ruang tersebut. Atau gunakan warna kontras dengan bidang dinding yang lain, yang bisa menjadi aksentuasi tampak sebuah ruang.

Bila kita memperhatikan olahan bentuk kabinet yang berupa rak dan pintu, pemakaian bahan pada muka cabinet serta aplikasi warna akan menciptakan aksen menarik pada satu biding dinding. Detail suatu dinding bisa memanfatkan kabinet sehingga tidak hanya suasana ruang menjadi nyaman dan rapi, tetapi dapat menjadi aksen fungsional pada ruangan tersebut