harga jasa desain rumah murah online


Akrab dengan Hunian “Loft”





Akrab dengan Hunian “Loft”



Dalam satu dekade terakhir, bermukim di hunian vertikal sudah bukan hal yang langka. Semakin padatnya, populasi penduduk di sebuah kota dan keterbatasan lahan menjadi alasan utama banyak orang beralih ke apartemen. Selain praktis dan berfasilitas lengkap, biasanya apartermen berlokasi strategis sehingga memudahkan mobilitas.

TINGGAL di apartemen membutuhkan kelebihan dalam mendekorasi ruangan. Salah satu konsep yang sekarang semakin digemari kaum urban adalah loft. Ini merupakan unit apartemen yang terdiri atas dua Iantai.

Hunian jenis loft ini awalnya berasal dart Paris pada era 1800-an. Saat itu, banyak senirnan yang memilih studio kerja dengan desain langit-langit rumah yang tinggi dan berukuran lapang. Tuuannya, dapat memuat hasil karya mereka berupa lukisan yang berukuran besar dan memakan tempat.

Seiring perjalanan waktu, sekitar 1940-an, para seniman hanya rnampu tinggal di gudang di daerah Soho, NewYork, AS, yang sekaligus menjadi studio kerja dan gaya hidup merekalah, loft muncul dengan konsep multifungsi demi memenuhi seluruh kebutuhan ruang.

Sekitar 40 tahun kemudian tren loft menyebar ke berbagai penjuru kota besar di berbagai negara, digernani banyak anak muda dan keluarga muda di perkotaan. Di ( AS), tempat awal berkembangnya tren hunian loft ini biasanya disukai oleh orang bergaya cukup nyentrik atau senang mengunjungi pameran seni.
Loft memang secara otomatis menjadi hunian yang lapang, nyaris tanpa sekat, fleksibel untuk diubah atau diganti interior dan tata ruangnya. Oleh karena itu, tentu saja dibutuhkan kreativitas dari para penghuninya. Misalnya penempatan skyhght, jendela berukuran tinggi dan ujung tembok atas memanjang ke bawah.
Opsi menarik lainnya dari desain loft, yakni pemilihan lantai kayu bergaya vintage dan balok kayu atau besi ekspos di langit-langit. Bisa Juga panel kaca besar sebagai jendela tanpa perlu tertutup tirai. Paduan warna putih, cokelat, krem, atau abu-abu umumnya mendominasi tatanan dekorasi ruangan konsep ini.
Konsep loft ini pun bisa diaplikasikan di Indonesia. Pasalnya, loft cocok untuk apartemen daerah tropis. karena dapat memantaatkan cahaya alami dalam rumah lewat penataan sirkulasi yang tepat. Dengan bekal jasa arsitek interior yang handal, hunian idarnan loft yang berkesan lapang dan trendi siap diwujudkan.