-->

Taman Air Mempercantik Rumah


Taman Air Mempercantik Rumah 

 

Taman air di area rumah bisa membuat suasana terasa lebih sejuk. Selain itu, atmosfer di sekitar rumah menjadI terkesan asri. Jika taman air diberi pancuran kecil yang menghadirkan gemericik air, itu bisa memberi rasa tenang dan tenteram.

NAMUN semua keindahan itu akan buyar jika taman air sesederhana apa pun tak dirawat. Bila itu terjadi, taman air malah memperburuk penampilan rumah dan menjadi sarang penyakit. Menguras kolam dan menata letak ulang tanaman harus dilakukan secara rutin. 

Ukuran kolam dapat menjadi penanda seberapa sering kita harus mengurasnya. Kolam yang berukuran kecil lebih cepat kotor dan berlumpur. Oleh sebab itu, kolam yang kecil harus lebih sering dibersihkan. Saat nembersihkan kolam, pindahkan dulu ikan - ikan ke wadah lain.

Di dasar kolam biasanya terdapat endapan lumpur, ini yang acap membuat air menjadi keruh. Lumpur ini harus dibersihkan dengan menggunakan pond vacuum, kecuali jika kolam dibuat dengan pond-liner (plastik).
Setelah lumpur diangkat. lakukan pembersihan filter (saringan) air. Jangan lupa urituk menyikat lumut-lumut yang tumbuh di dinding kolam sampai bersih. Setelah selesai, isikan air bersih ke dalam kolam. Kolam pun akan tampak jernih dan sehat. 

Pot dan tanaman yang diletakkan di sekeliling kolam juga perlu dirapikan dan dibersihkan, Daun atau bunga yang layu dibuang agar yang tersisa hanya kesan segar. 

Bersihkan juga tanah yang biasanya keluar dari dasar pot agar lingkungan kolam kian terlihat bersih. Ada juga yang melengkapi taman air dengan lampu sebagai pencahayaan. Lampu - lampu ini sebenarnya tak terlalu penting, tapi tetap ada gunanya. Tanpa lampu, ikan dan tanaman tetap dapat tumbuh sehat. Manfaat lampu lebih kentara di malam hari, taman air dapat terlihat lebih dramatis.

Lampu yang umum dipakai pada area basah adalah jenis spotlight dengan tegangan rendah sekitar 12—24 volt. Jika tegangannya tinggi bisa mengundang bahaya. Lampu dengan tegangan rendah memiliki trafo penurun tegangan. Model ini relatif aman digunakan di dalam air atau area luar ruangan. Yang penting adalah trafo penurun tegangan diletakkan pada lokasi yang tertutup rapat, kering, dan jauh dari jangkauan air. 

Perhatikan juga rumah lampunya. Untuk pemasangan di luar ruangan atau di dalam air, rumah lampu harus tertutup rapat dan kedap air sehingga tak ada setitik air yang dapat masuk, Bisa pula memakai lampu yang mudah dipasang di mana saja. termasuk di dalam kolam, ini yang disebut lampu serat optik.

Tags
Previous article
Next article

Desain Rumah Online

Segera wujudkan desain rumah impian anda dengan cara klik order desain di bawah ini. Kami siap memberikan pelayanan terbaik kepada anda



ORDER DESAIN