harga jasa desain rumah murah online


Sulap Teras Menjadi Istana





Bila dilihat dari fungsinya, dahulu teras hanya digunakan sebagai tempat santai dan berkumpulnya keluarga. Namun, seiring perkembangan zaman, tempat yang merupakan transisi antara ruang luar dan dalam ini sekarang memiliki fungsi tambahan yaitu sebagai tempat menerima tamu. 

TENTU kita tidak ingin jika tamu yang berkunjung merasa tidak nyaman saat duduk di teras rumah. Anda tidak usah khawatir karena ada cara agar teras rumah menjadi nyaman bagi siapa pun yang berada di sana.
Awali membuat “istana” di muka rumah dengan memilih jenis atau bahan material yang berbeda dengan ruang lain. Mengingat teras adalah bagian rumah yang terletak di luar, pilihkan bahan yang tidak licin saat terkena air hujan. 

Untuk atapnya, Anda bisa menggunakan bahan ringan dan alami yang bisa disesuaikan dengan dindingnya. Untuk memberi kesan informal, pilihlah tekstur yang kasar pada dinding atau bisa juga menggunakan batu bata yang ditampilkan tanpa polesan. 

Pilihlah perabot yang relatif lebih kuat terhadap terpaan sinar matahari dan perubahan cuaca. Jika Anda lebih memilih kayu, pastikan perabot tersebut diberi lapisan penguat agar warna tidak mudah kusam atau rusak. Anda pun boleh melengkapi teras dengan sofa, tetapi dengan catatan ketahanan furniture ini cukup mumpuni, yakni dengan menggunakan sarung jok yang kuat.

Untuk mendapatkan keselarasan, sesuaikan ukuran perabot tambahan dengan luas teras. Jangan sampai teras anda terkesan sempit dengan hadirnya perabot yang besar, Manfaatkan tanaman atau pohon yang sesuai jika Anda tidak memiliki perabot yang besarnya sesuai dengan luas teras. Dengan memasang tanaman di teras, Anda akan mendapat nilai plus yaitu adanya keselarasan terhadap tanaman lain yang ditanam di luar rumah.

Yang tak kalah penting, jangan pernah lupa untuk memperhatikan kebersihan teras. Semewah apa pun penataan yang dilakukan pada teras jika debu dan kotoran masih berserakan di mana-mana, usaha Anda akan menjadi sia-sia, bahkan tidak menutup kemungkinan menjadi sarang penyakit. 

Jika teras menjadi indah dan istimewa, area yang awalnya menjadi tempat berkumpul tersebut akan menjadi “istana” kecil yang meningkatkan kenyamanan di rumah.