harga jasa desain rumah murah online


Merawat kaktus hias di taman rumah





Tanaman mini hias belakangan ini sedang nge-tren. Selain cantik, tanaman ini mudah dirawat. Bagi Anda yang berniat memelihara kaktus hias, berikut ini beberapa hal patut diperhatikan. 

BERBEDA dengan tanaman biasa, kaktus tak perlu disiram setiap hari. Namun, apakah tanaman ini perlu sering - sering dijemur di terik matahari? Ternyata, meski rnembutuhkan sinar matahari. kaktus tak boleh terlalu sering terkena sinar matahari langsung. 

Pasalnya, jika Anda meletakkan kaktus di tempat yang mudah terkena sinar matahari, bagian ujung tanaman akan berubah warna menjadi cokelat kehitaman. Jadi, jemurlah kaktus kira-kira seminggu sekali.
Selain dijemur, kaktus sebaiknya disiram tergantung kondisi cuaca. Misalnya, saat cuaca kering atau kemarau, Anda bisa menyiramnya tiga kali sekali. Namun, jika musim penghujan Anda bisa menyiramnya seminggu sekali. 

Ketika menyiram, Anda juga tak boleh asal karena harus menggunakan botol spray khusus agar kaktus tak lembab. Jika lembab, biasanya bagian ujung tanaman kaktus akan terasa lembek. Penyiraman bisa dilakukan pada pagi atau sore hari.

Pupuk Yang digunakan juga sebaiknya pupuk khusus pupuk organik yang bisa diperoleh di penjual tanaman. Pemberiannya juga tak boleh asal tabur karena Anda harus memasukkan pupuk ke dalam media tanam kaktus. 

Caranya, ambil bagian atas media tanam kaktus hingga menyisakan setengah pot media tanam, Lalu taburkan pupuk. Setelah itu, masukkan kembah media tanam yang diambil tadi. Hal ini dilakukan agar pupuk tak menguap.

Jika kaktus tak menunjukkan pertumbuhan sama sekali. buanglah media tanam lalu gunting semua akar halus pada kaktus. Jika sudah, tanaman kaktus harus dikeringkan selama 1—2 minggu di tempat yang cukup mendapatkan sinar matahari. 

Setelah itu. tanam lagi menggunakan media tanam yang baru. Biarkan selama 23 minggu tanpa perawatan atau tanpa disiram air. Setelah 2-3 minggu, siram kembali, Jika akar mulai muncul, Anda bisa menyiraminya secara rutin, Namun, jika tak menunjukkan pertumbuhan sama sekali, penyiraman harus dilakukan lebih jarang.