harga jasa desain rumah murah online


Mengolah Kembali Perabotan Warisan




Mengolah Kembali Perabotan Warisan



Berbahagialah kita bila mendapat “warisan” dari orangtua berupa perabotan berbahan kayu jati.

UMUMNYA, perabotan tersebut berupa lemari, meja, kursi dan kotak penyimpanan. Di zaman ini, perabotan berbahan kayu jati menjadi barang langka yang bernilai tinggi.

Perabotan tersebut umumnya mengundang decak kagum setiap tamu yang datang ke rumah. Bahkan bisa jadi mereka menawarkan sejumlah rupiah untuk membawa pulang perabotan lawas tersebut. Dari dulu hingga kini, kayu jati merupakan bahan yang dikenal amat awet sebab relatif tahan terhadap serangan rayap. Tekstur kayunya juga bagus.

Perabotan tempo dulu itu sering tak cocok dengan selera perabotan saat ini yang cenderung modern. Tak heran, ada sebagian orang yang keburu menjual perabotan berbahan jati itu. Padahal, rumah bergaya modern sebenarnya tetap bisa tampil menarik dengan paduan perabotan lawas.

Perhatikan langkah berikut ini untuk memadukan perabotan tinggalan orangtua dengan suasana rumah kita yang kekinian. Pertama, perabotan tua itu perlu dicat kembali. Mebel kuno umumnya tampak usang karena catnya sudah memudar atau mengelupas. Gunakan warna yang sesuai dengan atmoster interior yang kita inginkan sehingga terdapat benang merah yang selaras.

Kedua, ganti kain pelapisnya (upholstery). Motif kain pelapis mebel warisan umumnya sudah ketinggalan zaman atau kusam, ini dapat diatasi dengan membeli kain pelapis bariu yang motinya lebih kekinian atau sesuai dengan keinginan kita. Jika ukurannya tak ada yang cocok. kita bisa memesanriya di tukang jahit.

Ketiga, tempatkan bantal-bantal bertema modern atau cerah. Jika perabotan itu berupa kursi, hanya dengan meletakkan bantal berwarna cerah sebenarnya sudah cukup. Trik ini juga bermanfaat jika dana untuk meremajakan penampilan perabotan warisan cukup terbatas. Bantal tak cuma menambah kenyamanan duduk, tetapi dapat mengubah mebel lama menjadi tampak baru. Sarung bantal bisa diganti setiap periode tertentu.

Menempatkan furnitur lama di ruang tertentu juga bisa menghadirkan kesesuaian konsep interior. Jika rumah memiliki teras belakang, perabotan tadi bisa diletakkan di sini. Dengan demikian, barang-barang tersebut tak mengganggu pemandangan di dalam ruangan yang terlanjur bertema masa kini.