-->

Memanfaatkan Material Bekas Di Rumah



Memanfaatkan Material Bekas Di Rumah



Material bekas bisa dipakai lagi untuk mendandani rumah. lni menjadi salah satu langkah mencegah sampah. Namun, memanfaatkan kembali material bekas ada aturannya agar rumah tetap kuat, bukan malah menjadi ringkih.

ADA beberapa hal yang sedikit merepotkan yang perlu kita lakukan untuk mengolah material bekas. Yang jelas penting, yakni kenali material bekas itu dengan cermat. Mulai dan bahan, finishing, aplikasi yang lama, hingga rencana pemasangan berikutnya. Berikut ini beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk merenovasi rumah dengan barang bekas.

Pertama, periksa dan pilah-pilah material bekas. Pisahkan material dalam dua kelompok, material struktural atau nonstruktural. Dari sini kita bisa melihat kelayakan material untuk digunakan lagi sesuai kebutuhan, Kemudian, kita bisa menentukan fungsi dan desain yang pas.

Kedua, saat memilih material yang pernah dipakai, perhatikan fungsi utamanya. Kalau memungkinkan, fungsi tersebut tidak berubah saat digunakan kembali. Utamanya material yang terkait struktur bangunan. Jika seusai diperiksa, material tersebut masih cukup baik. disarankan jangan dibongkar Sebab, membongkar struktur bangunan butuh tenaga ahli dan ini punya konsekuensi biaya yang besar.

Ketiga, sebaiknya gunakan tenaga terampil dan berpengalaman seperti kontraktor, tukang, maupun arsitek, Mereka dapat membantu kita memberi masukan terkait material bekas yang masih bisa dipakai dan model penerapannya. Arsitek bahkan bisa membantu agar penggunaan material bekas kian mempercantik penampilan rumah.

Keempat, untuk melancarkan proses pengolahan material, pemilik rumah perlu menyamakan persepsi dengan tenaga ahli. Mulai dan menilai kondisi material, kegunaan, pengaplikasian, hingga penyelesaian tahap akhir. Pemahaman yang sejalan bisa membantu memperlancar proses pembangunan.

Kelima, pemilik rumah dianjurkan proaktif dalam mengomunikasikan keinginannya. Semisal dengan mengamati langsung di lapangan dan berdiskusi. Namun, pemilik rumah harus membatasi diri agar jangan terlalu “rewel’. Pemilik rumah harus percaya pada tenaga ahli.

Terakhir, penggunaan kembali material bekas tetap menuntut perawatan secara berkala. Oleh sebab itu, kenali sifat dan karakteristiknya untuk mengetahui jenis perawatan yang tepat.
Tags
Previous article
Next article

Desain Rumah Online

Segera wujudkan desain rumah impian anda dengan cara klik order desain di bawah ini. Kami siap memberikan pelayanan terbaik kepada anda



ORDER DESAIN