-->

Melawan Kutu Busuk



Melawan Kutu Busuk


Musuh kita saat beristirahat di kamar tidur bukan hanya nyamuk. Bed bugs alias kutu busuk menjadi salah satu musuh yang harus diusir dan dicegah agar jangan menyerang kembali.

KUTU busuk pandai menyembunyikan diri. Serangga kecil ini suka menyelinap di celah-celah kasur, sudut-sudut tempat tidur atau bersembunyi di balik seprai. Bahkan kutu busuk sering membuat sarang pada lipatan-lipatan buku kesayangan kita. Jika saat bangun tidur kulit kita terasa gatal dan tampak bekas gigitan serangga, kemungkinan besar kutu busuk telah rnenyerang kita.

Keberadaan kutu busuk di tempat tidur juga berbahaya untuk anak-anak. Serangga ini bisa mengundang alergi dan beberapa penyakit. Malahan belum lama ini ditemukan, kutu busuk membawa bakteri yang tahan terhadap antibiotik. Oleh sebab itu, membersihkan tempat tidur harus menjadi agenda rutin demi kesehatan kita.

Jika kutu busuk terlihat di ranjang atau terdapat tanda-tanda keberadaannya, kita harus segera membasminya. Langkah pertama dimulai dengan melepas seprai dan sarung bantal serta mengganti selimut. Kemudian cuci seprai, sarung bantal, dan selimut secara terpisah dengan air panas. Tambahkan deterjen dan pemutih pada tiap cucian. Boneka atau benda lain yang biasa berada di tempat tidur juga harus dicuci dengan cara yang sama.

Selanjutnya geser atau pindahkan ranjang ke tempat terbuka atau keluar rumah. Lalu, bersihkan lokasi tempat tidur itu dengan pembersih antibakteri. Jangan lupa bersihkan pula permukaan kasur, termasuki sudut-sudutnya dan lipatan-lipatannya dengan cairan antibakteri.

Untuk mengeringkan kasur. gunakan hair dryer dengan tingkat panas setinggi mungkin dan keringkan seluruh area kasur, ini juga bertujuan untuk membunuh sisa-sisa kutu busuk, telur dan larvanya.

Rangka tempat tidur juga harus dibersihkan dengan pembersih antibakteri. Bersihkan sampai ke sudut-sudutnya. Hair dryer dibutuhkan lagi untuk mengeringkan rangka tempat tidur. Meja-kursi yang terletak di sekitar tempat tidur juga harus dibersihkan.

Sebelum merebahkan dinding ranjang, biasakan untuk mencuci tangan dan kaki. bila perlu mandi. Biasakan pula untuk memakai pakaian yang bersih sebelum tidur. Ini untuk mencegah larva kutu busuk yang mungkin terbawa pada pakatan kita.


Tags
Previous article
Next article

Desain Rumah Online

Segera wujudkan desain rumah impian anda dengan cara klik order desain di bawah ini. Kami siap memberikan pelayanan terbaik kepada anda



ORDER DESAIN