harga jasa desain rumah murah online


Material Pintu Kamar Mandi





Material Pintu Kamar Mandi


Bagian rumah yang selalu terkena cipratan air adalah kamar mandi. Jika ukuran sebuah kamar mandi hanya 1,5 meter x 1 meter. misalnya, semua sisi dinding dan pintu amat sering terkena air. Akibatnya. pintu menjadi lebih mudah rusak. Untuk itu, pintu kamar mandi sebaiknya menggunakan material yang tepat.

SETIDAKNYA ada tiga material yang sering dipakai untuk pintu kamar mandi yakni kayu, aluminium dan vinil. Jika pintu kamar mandi dibuat dari kayu, perhatikan perawatannya. Hal ini karena jika sering terciprat air, pintu akan mudah lembab, lapuk dan kemudian hancur.

Kerusakan pintu kayu umumnya dimulai dari bagian bawah karena bagian ini amat sering tersiram air dalam waktu ama. Jika pintu sudah rusak berat, cara terbaik mengembalikan fungsinya. yakni mengganti daun pintu dan kusennya dengan yang baru. Untuk itu, jika kamar mandi ukurannya kecil, pintu kayu sebaiknya jangan digunakan. Selain itu, jika tetap memakai pintu kayu. Anda bisa melapisi bagian yang sering tersiram air dengan fiber, aluminium, atau akrilik.

Sementara itu, pintu aluminium juga bisa digunakan karena sifatnya yang tahan korosi dan tahan air. Biasanya, pintu jenis ini dijual dalam bentuk rakitan yang menyatu dengan kusennya. Namun, pintu ini bukan tanpa kekurangan, sebab aluminium mudah penyok dan tergores. Selain itu, lama-kelamaan proses buka tutup pintu akan menimbulkan bunyi derit yang mengganggu. Pintu aluminium juga sering bergeser akibat engsel atau rivetnya kendur.

Adapun pintu vinil wujudnya seperti plastik atau PVC. Bahan pintu ini jelas antikorosi, tahan air, tidak berisik, dan mempunyai nilai artistik yang lebih oke dibanding aluminium. Penampilan pintu vinil juga bisa mendukung interior sebab permukaannya dapat dilapisi material lain seperti takon aneka motif dan warna Di pasaran. harga pintu vinil relatif murah sehingga cocok digunakan pada rumah sederhana sehat. Di samping itu, pintu vinil tak memerlukan finishing dan perawatannya gampang. Pintu ini dijual menyatu antara daun pintu dan kusennya. Namun, sejumlah testimoni menyebutkan, pintu vinil mudah mengalami kerusakan pada bagian engsel dan gagang (handle) pintunya.