harga jasa desain rumah murah online


Lima Jenis Tangga untuk Rumah




Lima Jenis Tangga untuk Rumah


Jika Anda ingin membuat rumah yang bertingkat, tangga adalah salah satu bagian yang harus disiapkan. Selain model. tangga harus dipikirkan sesuai fungsinya. Berikut ini beberapa jenis tangga sesuai dengan fungsinya. 

PERTAMA adalah tangga lurus model I. Tangga ini sering dikenal dengan sebutan one well stair karena memiliki pola menerus dari bawah ke atas. Tangga jenis ini membutuhkan lahan yang cukup luas. Namun, bagian bawah tangga bisa juga dimanfaatkan menjadi ruangan tertentu.

Kedua adalah tangga berbelok arah model L. Sesuai dengan namanya, tangga jenis ini memiliki pola yang berbelok arah pada bagian tertentu. Tangga jenis ini biasanya banyak digunakan di rumah minimalis yang memiliki lahan terbatas. 

Ketiga adalah tangga berbalik arah model U. Tangga jenis ini adalah model yang paling banyak digunakan di Indonesia. Tangga jenis ini pada ketingglan tertentu tak hanya belok, melainkan hingga berbalik arah. Menarlknya, tangga ini tak membutuhkan lahan seluas model I sehingga cocok digunakan di rumah yang minimalis. Selain itu, ruang di bawah tangga bisa digunakan untuk gudang atau kamar mandi. 

Ketiga adalah tangga bercabang model Y. Tangga jenis ini biasanya digunakan di rumah-rumah mewah yang memiliki lahan besar. Kesan yang ditampilkan tangga ini adalah mewah dan megah. Maklum. tangga model Y memiliki pola naik dan bawab kemudian bercabang ke kiri dan ke kanan, Selain digunakan di rumah mewah, tangga jenis ini biasanya dibangun di gedung gedung penting.

Keempat adalah tangga putar model spiral. Tangga model ini cocok digunakan jika Anda tak memiliki lahan yang cukup luas. Tangga spiral biasanya disebut juga tangga putar. Hal ini dikarenakan bentuknya yang memiliki pola memutar. Luas yang dibutuhkan biasanya tak lebih dari 1,5 meter x 1,5 meter. Cocok digunakan sebagai tangga untuk menuju loteng maupun tempat menjemur. 

Kelima adalah tangga melingkar. Berbeda dengan tangga spiral, tangga model ini biasanya lebih mengutamakan estetika. Hal ini dikarenakan setiap bentuk tangga diperhatikan nilai artistiknya. Tangga ini biasa digunakan di rumah yang luas dengan atap yang tinggi. Jika ingin menggunakan tangga model ini, sebaiknya Anda tak menggunakan ruang bawah tangga untuk fungsi apapun. Hal ini bertujuan agar nilai estetika tangga tak pudar.