harga jasa desain rumah murah online


Hal Penting Seputar “Carport”




Hal Penting Seputar “Carport” 

 

Pada zaman dahulu hampir sebagian besar rumah memiliki garasi. Namun, saat ini, keberadaan garasi cukup tergantikan oleh carport di halaman rumah. Berikut ini beberapa hal yang penting diperhatikan seputar carport.

BAGIAN penting pertama yang harus diperhatikan adalah kanopi. Maklum, bagian ini yang melindungi mobil dan panas matahari, hujan, dan kelembaban. Banyak pilihan yang bisa dijadikan material untuk struktur kanopi carport. Misalnya, Anda bisa menggunakan stainless steel, besi tempa, besi hollow, besi galvanized. kayu, beton, atau gabungan dan berbagai material tersebut.

Material besi menguntungkan dan segi biaya, waktu pengerjaan, dan keragaman bentuk yang bisa dibuat. Namun, material besi memiliki keterbatasan umur karena aspek korosi dan karat, kecuati material stainless steel yang tentu saja akan membutuhkan biaya lebih mahal. 

Sementara itu, material kayu memang memiliki aspek estetika yang tinggi dan terkesan eksotik. Namun, kayu yang berkualitas kini sulit ditemukan dan harganya mahal. Kayu juga mempunyai umur yang tak terlalu panjang untuk karena ancaman pelapukan dan rayap.

Untuk bagian atap, beberapa struktur bisa dipilih. Pertama, struktur berdiri sendiri yang ditopang pada keempat titik utama atau bisa juga hanya dengan dua titik utama dengan menggunakan sistem kantilever. Kolom-kolom penopang dapat dipilih dan kolom beton, kayu, besi baja, atau kombinasi di antara material tersebut. Tampilan luar kolom dapat dipilih sesuai dengan konsep desain carport.

Ada juga struktur yang menempel sebagian. Cara ini membuat biaya konstruksi carport lebih hemat. Hanya dengan dua titik penopang, carport sudah cukup kokoh. Agar tampilan rnenarik, konstruksi carport sebaiknya menggunakan sistem dan material yang sejalan dengan konstruksi rumah serta fasad utama. 

Terakhir adalah struktur gantung yang merupakan struktur kantilever dengan sling besi ataupun sling baja. Sistem ini memungkinkan penutup atap menggantung bebas tanpa membutuhkan kolom tambahan. Diperlukan material yang ringan untuk rangka atap dan penutupnya. Struktur semacam ini biasanya menggunakan jenis atap datar.