harga jasa desain rumah murah online


Eksterior Mural Mempercantik Kota




Eksterior Mural Mempercantik Kota


Seni sejatinya bisa diungkapkan melalui media apa saja. Tersusun secara terstruktur, seni mampu menjadi penenang bagi segala indera yang ada pada manusia. Tak terkecuali seperti seni mural. Bukan sekadar mencorat-coret tembok sebagai media, mural menjadi salah satu seni jalanan yang menakjubkan. Mural dapat mengubah penampakan suatu kota atau daerah menjadi lebih hidup dan beragam, tak sekadar tembok-tembok kosong yang monoton dan membosankan.

SALAH satu seniman mural adalah DALeast, warga keturunan China yang kini bermukim di Cape Town, Afrika Selatan. DALeast memiliki bakat seni gambar yang memesona. Bakat ini dia tuangkan ke dalam mural-mural lukisan tiga dimensi dan seperti tercipta dari ribuan serpihan logam kecil. Lukisan mural yang ditampilkan Daleast fokus terhadap kontur bangunan dan keadaan di sekitar tembok berada. Oleh karena itu, jalan cerita dan lukisan yang dia buat akan disesuaikan dengan berbagat faktor pendukung tersebut. Panther hitam selalu menjadi obyek utama DAleast dalam bermural. Karya-karya DALeast telah tersebar di kota-kota besar berbagai benua seperti Cape Town, Miami, New York, Paris, Vienna, dan Melbourne.

Seni mural dapat digunakan sebagat wadah make over untuk keceriaan dan keindahan. Karya seni mural terbesar yang pernah ada terletak di Hotel Karelia, Saint Petersburg, Rusia. Pengelola hotel tersebut punya keinginan untuk memberikan kesempatan pada seniman seniman mural untuk rnengekspresikan karya seninya. Tak tanggung-tanggung mereka menyediakan dinding hotelnya untuk mereka lukis.

Sejumlah seniman muda dilibatkan dalam proyek sena bernama “Mural Art”. Setelah beberapa hari pengerjaan, hotel itu pun berubah menjadi koper raksasa. Seluruh badan gedung itu diubah tampilannya menjadi karya seni mural tiga dimensi berupa koper besar. Untuk menutupi seluruh permukaan gedung itu, dibutuhkan 10.000 liter cat dengan luas permukaan yang dicat seluas dua lapangan sepak bola, 15.682 meter persegi. Besarnya tas itu mengundang Guinness World Records untuk mengukurnya. Dan hasil pengukuran, akhirnya mural itu ditetapkan sebagat “The Worlds Largest 3DPainting”. Dengankarya seni tersebut, mereka berharap bisa menegakkan kota Saint Petersburg sebagai kota seni dunia. Mudah-mudahan banyak kota di Indonesia bisa terinpirasi dan hal ini.