harga jasa desain rumah murah online


Cara Menghilangkan Panas Dalam Rumah




Cara Menghilangkan Panas Dalam Rumah

Rumah adalah tempat kita berteduh dan tinggal. Di sini juga kita mendapatkan perlindungan serta kenyamanan dan teniknya sinar matahari dan dinginnya cuaca di saat hujan. 

SUHU udara ideal di dalam rumah berkisar 24 - 26 derajat celcius. Penghuni rumah akan merasa tidak nyaman jika suhu udara dalam ruangan menjadi ekstrem. Contohnya, jika di musim panas. penghuni akan merasa gerah karena udara panas tidak keluar. Udara panas mi terperangkap akibat bukaan ruangan yang terlalu sedikt ini.

Memakai pendingin udara bisa menjadi jawabannya. Namun, penggunaan pendingin udara atau air condisioner (AC) bukan jawaban tepat sebagai solusi menghemat energy. Udara panas dapat diredam dengan beberapa faktok seperti penataan ruang yang tepat, pengunaan kipas angin plafon, menghindari efek rumah kaca, dan penanaman tumbuhan hijau.

Sirkulasi udara di dalam ruang dipengaruhi penataan interior. Keterbukaan antar ruang dapat membuat udara bebas mengalir dan ruang depan sampai ke belakang. Pengertian tentang keterbukaan tersebut adalah ruang-ruang yang diusahakan tidak terbatasi material - material massif.

Furnitur berukuran besar hendaknya jangan diletakkan di tengah ruangan. Namun, sebaiknya dirapatkan ke dinding. Pembatas ruangan pun diusahakan untuk memungkinkan udara dapat melewatinya, misalkan dengan material bamboo. Biasanya, dalam kondisi cuaca panas, suhu panas akan naik ke atas dan banyak berkumpul di area plafon rumah. Penggunaan kipas angin plafon menjadi salah satu solusi. Selain mempercantik ruangan alat ini dapat difungsikan secara optimal sebagai pengusir udara panas dari area plafon.

Seperti bumi, rumah juga menghadapi kondisi efek rumah kaca. Kondisi yang membuat udara panas terperangkap karena terpapar panas matahari. Material transparan seperti kaca dan policarbonat berukuran besar umumnya membuat kondisi tersebut terjadi. Untuk menghindari panas, usahakan material transparan tidak terpapar langsung oleh sinar matahari. Hal ini dapat disiasati dengan pengunaan penghalang seperti kisi-kisi. kerai atau pun kanopi.