harga jasa desain rumah murah online


Beragam Jenis Pencahayaan Dalam Rumah





Banyak cara untuk memperindah hunian. Dari beragam cara tersebut, penataan cahaya memegang peran penting urituk membuat tampilan rumah semakin impresif.

SEBAGAI bagian dari interior rumah, pencahayaan dapat memperkuat fungsr ruangan dan menambah kenyamanan, serta semakin memunculkan kesan dramatis. Tentu saja, faktor tersebut saling memengaruhi harmonisasi interior yang diwuiudkan bersama dekorasi dan perabot pilihan.

Sebelumnya, cobalah kenali jenis lampu terlebih dahulu agar Anda bisa mengombinasikan interior dengan fungsi ruangan. Di pasaran, jenis lampu begitu variatif, tetapi pada dasarnya terbagi lima bagian, yaitu lampu langit - langit (ceiling lamp), lampu gantung (pendant fixtures), lampu dinding (wall lamps). lampu lantai (floor lamps), dan lampu meja (desk lamps).

Lampu langit - langit adalah jenis yang paling banyak ditemukan di pasaran. Fungsinya sebagai penerang ruangan dan reflektor, yang banyak digunakan di perkantoran maupun di pelbagai ruangan hunian. Bila ingin menambah aksen hunian, Anda dapat berkreasi dengan memilih rumah lampu yang berbentuk unik.

Sementara itu, berdasarkan penempatannya, lampu gantung biasanya diletakkan di langit - langit rumah yang tinggi, seperti di area tangga, void, ruang keluarga, maupun foyer. Jenis lampu tersebut memiliki banyak variasi memikat sehingga Anda tinggal menyesuaikannya dengan konsep interior rumah untuk menjadi focal point ruangan. Kini, model lampu gantung minimalis banyak digemari untuk peletakan di ruang makan karena memberikan kesan hangat dan praktis.

Sementara itu, lampu dinding dipakai untuk hiasan dinding, melengkapi keindahan meja console di area foyer maupun menambah kenyamanan di sudut ruang. Lampu ini dapat memberikan kesan hangat dan pancaran remang cahayanya ketika malam tiba. Bahkan, ketika malam semakin larut, lampu jenis ini dapat dipakai sebagai sumber cahaya, sementara lampu lain dimatikan.

Jenis lainnya adalah lampu lantai, Lampu tersebut akan memancarkan cahaya dari bawah ke atas (up light) yang dipasang di tepi bawah dinding. Jenis tersebut berguna menyinari ke arah bagian tertentu seperti dinding beraksen dan bermotif unik maupun mempercantik tampilan karya seni seperti patung maupun lukisan.

Satu lagi adalah lampu meja. Lampu ini berguna membantu kegiatan membaca atau sekadar menambah dramatisasi ruangsn, Umumnya, lampu meja dapat diatur kuantitas cahayanya sesuai kebutuhan ruangan. Jadi, jenis lampu apa yang Anda pilih?