-->

Menata hunian yang berfungsi ganda


Tuntutan ekonomi yang kian pelik menuntut sejumlah orang mencari nafkah melalui bidang usaha yang memang dikuasainya. Uniknya, pendapatan pun tak melulu harus menjadikan Anda sebagai karyawan dan bermarkas di gedung pencakar langit lebih dulu, Sebagian orang justru memanfaatkan bangunan rumah kantor (rukan) atau menambahkan ruang untuk unit usaha di dalam hunian. 

APABILA Anda tertarik memfungsikan rumah sekaligus tempat bekerja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan lebih dulu, di antaranya adalah sebagai berikut,

Kenyamanan
Hal utama yang wajib diperhatikan ketika merancang hunian sekaligus tempat usaha berupa kantor, toko, wartel, warnet, maupun kios adalah aspek kenyamanan. Pastikan Anda melakukan pembagian ruang privat dan publik secara tepat. Bagaimanapun juga, hunian adalah ruang pribadi yang tak sembarang orang bisa mengakses secara bebas.
Perhatikan pula sirkulasi penghuni rumah. Denah hunian sebaiknya direncanakan dengan matang agar akses antara rumah (area privat) dan ruang usaha (area publik) cukup mudah dilakukan. Memperhitungkan sirkulasi penghuni wajib dilakukan untuk memastikan bahwa fungsi dari kedua area tersebut tidak saling bercampur.

Pemanfaatan ruang
Lalu, bagaimana memanfaatkan rumah yang telah berbentuk bangunan jadi? Apabila ingin menambahkan fungsi sebagai tempat usaha, gunakanlah area - area tertentu seperti garasi, carport, teras, gudang, atau loteng (mezzanine). Sejumlah orang memanfaatkan loteng sebagai kantor mungil di rumah. Ini cocok dilakukan jika Anda berprofesi sebagai desainer interior, arsitek, atau profesi lain yang menjual jasa. Sementara itu, garasi dan carport urnumnya dimanfaatkan mereka yang membuka jenis usaha jual barang dengan menempatkan kios.

Tampilan
Anda yang ingin menempatkan gerai, kios atau warung di depan rumah sebaiknya merancang desain yang menarik agar mampu mengundang orang - orang yang lalu lalang. Berikanlah sentuhan warna cerah dengan tata lampu yang terang. Penataan barang -barang pun wajib terlihat rapi agar pembeli merasa nyaman dan barang yang dibutuhkan pun dapat dicari dengan mudah tanpa harus membuang waktu lama, Nah, apakah Anda tertarik untuk mencoba?

Tags
Previous article
Next article

Desain Rumah Online

Segera wujudkan desain rumah impian anda dengan cara klik order desain di bawah ini. Kami siap memberikan pelayanan terbaik kepada anda



ORDER DESAIN