harga jasa desain rumah murah online


Ruang Kerja Mungil, Tetapi Fungsional



Tinggal di rumah dengan lahan yang terbatas kerap kali memaksa diri berkreasi dalam menata ruang agar seluruh kebutuhan terakomodasi. Persoalannya adalah menciptakan ruang kerja. Ruangan ini memang bukan area wajib dalam sebuah rumah, tetapi esensial bagi penghuni yang membutuhkannya.

NAMUN, dengan memanfaatkan sudut area yang tidak terpakai dan sedikit polesan di sana - sini, ruang kerja pun bisa tercipta.

1. Gunakan lantai mozzanine yang terbukti ampuh menyiasati keterbatasan lahan, luasnya bisa disesuaikan dcngan kebutuhan, yang jelas tidak terlalu kecil agar tetap terasa nyaman saat bekerja di ruang tersebut dalam waktu lama.

2. Tak ada salahnya menyulap sudut kosong mcnjadi ruang kerja. Misalnya menggunakan area peralihan antara ruang makan den ruang keluarga di salah satu sudutnya. Area di bawah tangga pun bisa dijadikan pilihan, mengingat bagian ini biasanya dibiarkan terbengkalai. Namun, pastikan ada cukup cahaya dan udara agar area bekerja tidak lembab. Faktor pcncahayaan juga amat penting untuk menjaga agar mata tidak mudi lelah saat bekerja.

3. Seasati keterbatasan ruang kerja dengan menggunakan meja berukuran sedang atau meja rendah. Jika tak ingin merasa cepat leleh saat bekerja dengan duduk di lantai, seasati dengan menggunakan kursi yang mampu rnenyangga punggung bagian bawah dengan baik.

4. Sementera itu, buat nakas untuk menyimpan dokumen dan buku-buku. Cara ini juga dapat membuat ruang yang kecil terlihat lebih lapang. Karena tidak terlalu banyak barang. kalaupun ingin menggunakan lemari yang tertutup, pastikan ukurannya tidak terlalu banyak memakan tempat. Pilih desain yang unik sengga bisa sekaligus berfungsi sebagai dekorasi ruangan. Misalnya. menggunakan rak berornamen ukiran Jawa yang cocok untuk ruangan bergaya etnik.

5. Jika ingin menyatukan ruang kerja dengan kamar tidur. buatlah pemisahan area socara jelas agar kanyamanan tidur tidak terganggu. Salah satu caranya dergan menggunakari tirai dekoratif yang sekaligus bisa menjadi aksen dalam kamar. Bila memungkinkan, gunakanlah partisi kecil selebar ukuran meja dan tingginya sesuai dengan kondisi kita saat duduk. Dengan demikian, kamar tidak terlihat terlalu penuh, tetapi tetap ada pemisahan yang jelas.