harga jasa desain rumah murah online


Renovasi untuk Rumah Impian Anda



Memiliki rumah impian tentunya menjadi harapan setiap orang. Selain dengan membeli atau membangun rumah impian, merenovasi rumah merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memiliki rumah impian, sesuai dengan model dan desain yang diinginkan.

NAMUN, merenovasi rumah sering kali membutuhkan banyak biaya. Tidak jarang pub biaya ng dikeluarkan melebihi anggaran yang direncanakan. Karena itulah Arida peilu merencanakan renovasi rumab secara saksama. Rerikut mi beberapa tips dan trik untuk merencanakan renovasi rumab secara optimal.

1. Manfaatkan saat terjadi kerusakan
Rumah Anda tentunya bisa mengalami kerusakan, baik kerusakan berskala besar maupun kecil. Nah, jadikan masalah ini sebagai hal positif untuk memulai renovasi rumah. Contohnya. saat atap bocor manfaatkan momen ini untuk sekaligus mengganti genteng asbes dengan genteng tanah liat.

2. Buat skala prioritas
Tentukan prioritas dengan melakukan renovasi dan jangan tergoda keinginan mendadak atau mudah menuruti saran dan tukang yang mengerjakan. Pertimbangan masukan dan orang-onarg di sekitar Anda. Misalkan, Anda ingin merenovasi ruang keluarga, jangan langsung mengikuti keinginan membeli TV baru, sofa baru dan sebagainya. Selaln itu, ketika tukang bangunan yang mengerjakan renovasi menyarankan untuk membuat ruangan TV Iebih besar, plus material lebih mahal sebaiknya ditolak. Upayakan konsisten dengan perencanaan, Jika Anda mudah tergoda renovasi berlebihan, biaya yang dikeluarkan bisa membengkak.

3. Gunakan bahan bangunan bekas yang masih layak pakai
Bisa jadi anda masih mempunyai sejumlah bahan bangunan bekas renovasi sebelumnya yang tidak terpakai. Nah, bahan bangunan ini sebaiknya jangan langsung dibuang Misalnya, keramik bekas renovasi bisa dipecah menjadi bagian kecil, kemudian gunakan untuk mempercantik area taman di sekitar rumah.

4. Hitung rencana pengeluaran
Buatlah perhitungan biaya dengan berkonsultasi pada ahlinya. Anda bisa bertanya kepada teman yang pernah melakukan renovasi. tukang. atau lewat layanan konsultasi bangunan online. Jangan lupa, pembuatan rencana anggaran biaya (RAB) perlu bendasarkan jenis material dan komponen pekerjaan. Sebagai contoh, untuk pekerjaan renovasi lantai, susunlah dengan menghitung luas area lantai yang direnovasi (dalam satuan meter persegi). Kemudian kalikan dengan harga satuan pekerjaan per meter persegi yang disusun berdasarkan analisis penggunaan material (semen, pasir, penutup lantai). upah. dan biaya pendukung lainnya per meter persegi. Selain itu, ada pula biaya jasa pemborong atau kontraktor yang berkisar antara 10-15 pensen.

5. Siapkan dana untuk pengeluaran tak terduga
Berhematlah di sisi pengeluaran rumah tangga lainnya karena selain biaya utama renovasi biasanya akan ada saja ada biaya lain yang tak terduga sebelumnya. Sediakan dana ekstra agar pekerjaan renovasi rumah Anda tidak terhambat oleh kekurangan dana.

Semoga beberapa tips dan trik tersebut bisa membantu anda dalam merencanakan renovasi rumah.