-->

Membersihkan kotoran karpet rumah



Seperti hanya sofa, karpet telah menjadi salah satu perabot yang setia menemani penampilan sebuah ruangan. Selain mempercantik ruangan, karpet dapat menjadi alas duduk yang menggantikan keberadaan kursi. 

NAMUN, karpet ternyata punya banyak “musuh” Siapa lagi kalau bukan debu, noda makanan. hingga ompol si kecil. Beberapa tindakan sederhana dapat dilakukan untuk mengusir musuh-musuh tadi. Yang penting, karpet harus dibersihkan secara teratur agar warnanya awet dan bebas dan kuman penyakit.

Untuk membersihkan debu yang menempel di karpet, gunakan alat pengisap debu minimal tiga kali seminggu. Beberapa orang bahkan menaburkan soda kue ke atas karpet satu jam sebelumnya. 

Sekali dalam enam bulan, cucilah karpet dengan deterjen khusus. Kegiatan ini akan merepotkan dan memerlukan tempat yang luas untuk menjemur. Oleh sebab itu, kata bisa memanfaatkan jasa pencucian karpet yang sudah jamak berdiri. 

Setiap dua atau tiga bulan sekali, kita bisa mengubah posisi karpet agar bidang yang sering terinjak atau dilewati orang bisa berganti posisi, sehingga warna karpet selalu seimbang (tidak terkesan belang).

Karpet juga tak bisa lepas dan ancaman noda es krim misalnya. Bila terlanjur terpapar noda. kita bisa menggunakan alkohol. Caranya, basahi kain kering dengan alkohol lalu tekan kain secara perlahan pada karpet yang terkena noda es krim. Namun, hati hati, jangan sampai alkohol menembus bagian belakang karpet yang terbuat dan karet. 

Kemudian, tuangkan sedikir air yang dicampur dengan deterjen pada bagian yang terkena noda es krim sambil ditekan dengan kain lap. Ulangi beberapa kali pemberian larutan air dan deterjen tadi lalu bilas dengan air hingga bersih. Keringkan karpet dengan kain kering.

Lelehan lilin menjadi musuh paling berat bagi karpet. Namun, kita bisa coba membersihkannya dengan meletakkan selembar kertas di atas lelehan lilin yang mengeras, lalu timpa dengan setrika dengan tingkat panas sedang. Diamkan sesaat hingga lilin panas dan terserap kertas. Angkat kertas yang sudah terdapat lilin.
Warna karpet memudar? Kita bisa coba mengembalikannya dengan menaburkan garam dapur sebanyak mungkin dan diamkan sekitar satu jam. Lalu bersihkan dengan mengisap debu. Selamat mencoba.

Tags
Previous article
Next article

Desain Rumah Online

Segera wujudkan desain rumah impian anda dengan cara klik order desain di bawah ini. Kami siap memberikan pelayanan terbaik kepada anda



ORDER DESAIN