harga jasa desain rumah murah online


Langkah ringkas ciptakan taman vertikal



Sulitkah membuat taman vertikal (vertical garden)? Jika Anda mengetahui caranya, membuat taman vertikal di rumah dengan lahan terbatas bisa dilakukan sendiri, tanpa harus menyerahkan pada jasa pembuat taman.

TINGGAL luangkan waktu pada akhir pekan serta siapkan media tanam, bibit tanaman dan peralatan berkebun Berikut ini cara-caranya.

1. Tentukan Jenis atau desain taman.
Menciptakan taman vertikal tidak sekadar menempatkan pot-pot berisi tanaman di dinding khusus, Anda pun bisa merancang area dinding luar rumah atau tembok pagar dengan bentuk unik untuk taman. Misalnya, menyusun tanaman membentuk huruf inisial nama.

2. Perhatikan paparan sinar matahari
Agar tanaman pada taman vertikal tumbuh subur, cermati terpaan sinar matahari, terutama jika jenisnya membutuhkan paparan sinar matahari yang cukup banyak. Jika tidak membutuhkan banyak sinar matahari, letakkan pada area yang tidak terkena sinar matahari langsung atau lokasi yang teduh.

3. Pilih media tanam dan wadah tanaman.
Jenis media tanam terkadang perlu disesuaikan dengan jenis tanaman yang dipilih. Untuk menciptakan taman vertikal, Anda bisa menggunakan pot-pot kecil yang digantung. Pilihan lainnya, gunakan pipa air bekas atau kotak kontainer dan barang bekas ramah lingkungan Iainnya. Pertimbangkan pemilihan bahan wadah tanaman ini ketika mendesain taman vertikal.

4. Pilih media tanam dan wadah tanaman.
Opsinya beragam, mulai dari tanaman hias seperti sukulen dan bunga papilonia hingga tanaman sayur seperti bayam dan cabal. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan atau selera, berikut cari informasi seputar penanaman dan petawatannya.

5. Pertimbangkan penyiraman atau pengairan tanaman.
Pemakaian pipa bekas saluran air akan memudahkan pengairan untuk tanaman. Namun, jika anda menyusun taman vertical dan kumpulan pot-pot, pastikan posisi tanaman memudahkan penyiraman dan pemupukan. Jika taman vertikal berada di luar ruangan dan tanpa atap, cermati posisi curahan dan cipratan air hujan pada tanaman.

6. Siapkan alternatif atau cadangan.
Menanam tanaman tententu pada media vertikal tidak selalu berhasil. Jadi, siapkan benih atau bibit tanaman cadangan jika tanaman yang ditanam gagal tumbuh atau tumbuh kemudian layu.

7. Rawat dengan konsisten.
Tugas Anda tidak berakhir ketika tanaman berhasil tumbuh di lahan vertikal. Langkah selanjutnya adalah merawat tanaman secara rutin setiap liar. Menyiram, memberi pupuk, menyiangi. dan memastikan tanaman bebas dan hama dan penyakit tidak boleh dilewatkan.